Kepemimpinan Ideal, di Manakah Saya?

17 April 2019 adalah waktu untuk memilih pemimpin di Indonesia. Pilpres 2019, menentukan pemimpin terbaik menurut suara terbanyak. Ini adalah sebuah sejarah di mana pemilihan berlangsung serentak dan inilah pemilihan yang diperhatikan semua mata di dunia.

Bagaimanakah sebenarnya seorang dilihat kepemimpinannya? Tentu ada ukuran tertentu untuk melihat kepemimpinan seseorang. Ada 5 tingkatan dalam kepemimpinan.

Pertama, seseorang memimpin karena mendapatkan penunjukkan. Ia memimpin berdasarkan sebuah surat keputusan. Ada otoritas yang memberikan kuasa padanya untuk memimpin.

Tipe pertama ini harus selalu ada dan mengawasi anggotanya. Kesetiaan anggota hanya karena berdasarkan otoritas yang dimiliki. Tanpa kehadirannya, organisasi dapat berantakan. Pemimpin seperti ini akan cepat letih, karena hal-hal teknis.

Kedua, pemimpin yang memimpin dengan relasi. Pemimpin model ini akan memimpin dengan hati. Ia membangun relasi dengan anggotanya. Mereka akan loyal kepada pemimpin tipe ini karena merasa punya ikatan.

Tingkat berikutnya adalah pemimpin dengan hasil. Pemimpin yang menunjukkan hasil akan membuat anggotanya kagum. Ketika mereka kagum, maka akan loyal pada pemimpinnya. Pemimpin seperti ini akan berjuang keras menunjukkan hasil yang signifikan. Walaupun ia bertindak cukup keras dan tegas, anggotanya akan tetap segan.

Keempat adalah pemimpin yang menciptakan pemimpin-pemimpin baru. Pemimpin tipe ini akan melihat potensi dan kapasitas anggotanya. Ketika ia mengetahui potensi tersebut, ia akan mengasahnya sampai anggota meningkat kapasitasnya. Pemimpin tipe ini akan disayang oleh para anggotanya.

Terakhir, adalah pemimpin spiritual. TIpe pemimpin ini menunjukkan keteladanan dan membagikan value yang dimilikinya sehingga diserap oleh anggotanya. Pemimpin seperti ini akan meninggalkan kharismanya sampai lama, bahkan sampai pemimpin tersebut tidak lagi berada di dalam organisasi, ia akan tetap diingat. Anggota akan loyal dengan sikap hormat.

Nah, pada tingkat mana kita akan menjadi pemimpin? Kita dan orang di sekitar kita lah yang dapat menilainya. Lalu siapa pun yang pada akhirnya menjadi pemenang di Pilpres 2019 ini, semoga menjadi pemimpin yang dapat memenuhi amanat rakyat. Sukses untuk Anda.

Posted on: April 18, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *